Selasa, 16 November 2010

SEL

Sifat-sifat umum sel
·         Tiap-tiap sel memerlukan nutrisi untuk mempertahankan kehidupan
Nutrisi berguna untuk regenerasi sel, yaitu mengganti sel yang rusak & sakit, menjadi sel yang baru & sehat.
·         Semua sel hampir seluruhnya mempunyai  nutriet yang sama jenisnya
Semua sel menggunakan oksigen sebagai salah satu zat utama untuk membentuk energy. Oksigen bergabung bdengan karbonhidrat, lemak, atau protein untuk mengeluarkan energy yang diperlukan untuk fungsi sel.
·         Semua sel mengirimkan hasil-hasil akhir reaksi-reaksi kimianya ke dalam cairan sekitarnya
·         Mempunyai kemampuan berkembang biak. Dan walaupun sel-sel jenis tertentu dirusak karena suatu sebab atau sebab-sebab yang lain, sel-sel yang tersisa dari jenis ini biasanya membelah terus menerus sampai jumlah yang sesuai lengkap lagi.



Fungsi umum sel
·         Movement
·         Conductivity
·         Metabolisme
Metabolisme:keseluruhan reaksi yang terjadi di dalam sel, meliputi proses penguraian & sintesis molekul kimia yang menghasilkan & membutuhkan panas (enegi) serta dikatalisis oleh enzim yang sangat di butuhkan oleh tubuh.

·         Secretion
Sekresi adalah proses menguraikan, melepaskan, dan mengalir bahan kimia , atau dikeluarkan zat kimia dari suatu sel atau kelenjar . Berbeda dengan ekskresi , substansi mungkin memiliki fungsi tertentu, daripada menjadi produk limbah. banyak mengandung sel-sel ini termasuk sel-sel glucoma.
Banyak jenis sel manusia memiliki kemampuan untuk menjadi sel-sel sekretori. Mereka memiliki dikembangkan dengan baik retikulum endoplasma dan aparatus Golgi untuk memenuhi fungsi mereka.Organ pada manusia yang menghasilkan sekresi meliputi saluran pencernaan yang mengeluarkan enzim pencernaan dan asam lambung , dari paru-paru yang secretes surfaktan , dan kelenjar sebaceous yang mengeluarkan sebum untuk melumasi kulit dan rambut. kelenjar Meibomian di kelopak mata mengeluarkan sebum untuk melumasi dan melindungi mata.

·         Excretion
Ekskresi adalah proses di mana sampah produk metabolisme dan bahan non-berguna lainnya dikeluarkan dari organisme. [1] Ini merupakan proses penting dalam semua bentuk kehidupan. Ini kontrassekresi , dimana zat mungkin memiliki tugas khusus setelah meninggalkan sel .
Pada organisme bersel tunggal , produk limbah dibuang langsung melalui permukaan sel. organisme multiselular ekskretoris memanfaatkan metode yang lebih kompleks

·         Respiration
 didefinisikan sebagai transport oksigen dari udara luar ke sel-sel di dalam jaringan , dan pengangkutan karbon dioksida dalam arah yang berlawanan. Hal ini berbeda dengan biokimia definisi respirasi, yang mengacu pada respirasi selular : dalam metabolisme proses dimana suatu organisme memperoleh energi dengan mereaksikanoksigen dengan glukosa untuk memberikan air , karbon dioksida dan ATP (energi). Meskipun respirasi fisiologis ini diperlukan untuk mempertahankan respirasi selular dan dengan demikian hidup pada hewan, proses yang berbeda: respirasi seluler terjadi dalam sel-sel individu hewan, sementara kekhawatiran respirasi fisiologi aliran massal dan pengangkutan metabolit antara organisme dan lingkungan eksternal.
·         Reproduction

Reproduksi adalah proses biologis dengan yang baru "anak" individu organisme yang dihasilkan dari mereka "orang tua". Reproduksi adalah fitur dasar dari semua yang dikenal hidup ; setiap individu organisme ada sebagai hasil reproduksi. Sel yang berperan dalam reproduksi yaitu sel telur dan sel sperma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar